Punya Daya Tarik Tersendiri, Ini Dia Destinasi Wisata Populer Tebing Appalarang

3 min read

Tebing Appalarang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang wajib Anda kunjungi. Terlebih lagi bagi Anda penyuka pantai dan laut, tempat ini akan sangat cocok dan memanjakan mata dengan seluruh panorama yang ditawarkan. Untuk lebih mengenal spot wisata tersebut, simak artikel berikut yang akan membahasnya dengan lebih lengkap.

Appalarang

Apa Itu Tebing Appalarang? 

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang Tebing Appalarang yang menjadi primadona masyarakat Sulawesi Selatan.

 Kata Appalarang sendiri diambil dari salah satu bahasa daerah yaitu bahasa Konjo dan terdiri dari dua kata yakni Appa danRLarang. Appa sendiri berarti ujung sementara Larang berarti curam sehingga sesuai dengan area destinasi yang memilki tebing-tebing curam.

Tebing Appalarang

Adapun lokasi Tebing Appalarang ini berada di Desa Ara,  Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasinya yang tidak jauh dari destinasi wisata lain yakni Tanjung Bira membuat tebing ini juga memiliki pengunjung yang sangat ramai setiap harinya. 

Terlebih lagi ketika akhir pekan, sebagian besar pengunjung datang dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Destinasi yang terletak sebelum Tanjung Bira ini nyatanya menawarkan tantangan tersendiri bagi Anda yang hendak mengunjunginya. 

Akses Tebing Appalarang terbilang menantang sebab Anda perlu melewati jalan kecil tanpa menggunakan kendaraan apapun. Setelah itu Anda harus menaiki tangga dengan panjang sekitar 7 meter sebelum akhirnya sampai pada spot paling tinggi di tebing tersebut.

Pesona Tebing Appalarang 

Meski akses ke lokasi destinasi wisata alam ini terdengar cukup melelahkan, namun hal tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan yang ditawarkan. Pesona panorama laut dengan air yang sangat jernih adalah hal pertama yang akan menyambut Anda ketika sampai pada spot terbaiknya. 

Jika datang pada saat cuaca cerah, Anda pun dapat terjun langsung dan merasakan sejuknya air pada tempat ini.

Hal yang paling menarik dari Tebing Appalarang, adalah kebebasan pengunjung untuk mengeksplor area tersebut asal memperhatikan keamanan.

 Bagi Anda yang punya keberanian, adu adrenalin dengan melompat dari tebing menuju ke laut adalah salah satu pengalaman yang patut dicoba. Namun tentu saja tetap perhatikan langkah agar tidak sampai tergelincir pada area tebing yang licin.

Dengan panorama yang ditawarkan, Appalarang akan sangat cocok digunakan sebagai lokasi pengambilan foto untuk media sosial. 

Destinasi wisata ini memiliki banyak spot foto alami dengan nuansa kekinian dan tentu akan membuat gambar Anda semakin keren. Terlebih lagi pada saat berada di puncak tebing, Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang laut biru dan langit yang cerah.

Apa yang Harus Dipersiapkan Saat Hendak Berkunjung

SSebelum mengunjungi Tebing Appalarang, ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait destinasi kekinian ini. Salah satunya adalah pada area tersebut sudah terdapat beberapa penjual makanan ringan atau warung yang menawarkan makanan tertentu. Lokasi tebing ini masih sangat alami sehingga sangat disarankan untuk menjaga kebersihan ketika Anda sedang menikmati makanan yang ditawarkan.

Tidak hanya itu saja, pengunjung masih tidak dapat menginap pada sekitar tebing sebab belum terdapat penginapan di area tersebut. Itu sebabnya sebagian besar orang yang berkunjung akan menginap pada kawasan Tanjung Bira yang lokasinya tidak jauh dari Appalarang. Anda pun bisa mencoba hal tersebut jika hendak menikmati pemandangan tebing ini dalam waktu yang lebih lama. 

Setelah mengetahui pesona dan lokasi dari Tebing Appalarang, Anda tentu tertarik untuk mengunjunginya. Destinasi wisata ini sendiri sangat direkomendasikan untuk dikunjungi sembari melepaskan penat setelah hari-hari yang sibuk. Pemandangan dan suasana alami tebing dengan pepohonan jati dan laut biru yang ditawarkan akan memanjakan mata Anda.

Semoga informasi mengenai Tebing Appalarang dapat memberikan gambaran yang jelas dan memotivasi Anda untuk mengunjungi tempat wisata alam yang menakjubkan ini. Nikmati keindahan alam dan kesegaran udara di Tebing Appalarang, serta jadikan pengalaman liburan Anda menjadi momen yang tak terlupakan. Selamat menikmati perjalanan dan selamat berlibur!

Posting Komentar